Mengenal Lebih dalam Tentang Batik Cirebon yang Perlu Anda Ketahui

131 views

Batik merupakan kain tradisional yang memang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan masyarakat dunia sebagai kain yang berasal dari daerah di Pulau Jawa. Kain tradisional yang satu ini selain dikenal dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan berbagai jenis pakaian, kain ini pun mulai dikenal oleh banyak kalangan sebagai bahan pembuatan berbagai jenis aksesoris fashion. Tahukah Anda bahwa tidak hanya berasal dari daerah Jogjakarta ataupun Solo saja, namun batik dari daerah di pulau Jawa lainnya pun dapat Anda temukan dengan mudah, diberbagai toko online khusus fashion yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah batik Cirebon. Anda penasaran dengan batik yang satu ini? Berikut ini sekilas bahasan mengenai batik asal Cirebon tersebut.

 Mengenal Lebih dalam Tentang Batik Cirebon yang Perlu Anda Ketahui

Cirebon merupakan salah satu sentra batik di daerah Jawa barat dengan tingkat produksi batik yang cukup tinggi didalamnya. Batik asal Cirebon ini, pada awal mulanya diproduksi didalam kasultanan Cirebon, yang kemudian dibawa keluar keraton oleh para abdi dalem, sehingga banyak dikenal oleh masyarakat sekitar kasunanan Cirebon. Pada awal mulanya seni membuat batik ini, hanya dipelajari oleh para putri keraton dengan model batik utama yaitu model paksi, kanoman, siti inggil, taman sunyaragi dan taman kasepuhan. Namun seiring dikenalnya seni membatik oleh masyarakat sekitar Cirebon, model yang ditampilkan pun mulai mengalami perubahan, hingga saat ini batik dari Cirebon ini lebih dikenal banyak diciptakan dengan model megamendung. Model mega mendung merupakan model batik yang lebih banyak menampilkan berbagai aksen bentuk awan didalamnya.

 

Berikut ini beberapa jenis ornamen yang sering ditampilkan dalam desain kain batik Cirebon yang saat ini banyak beredar dipasaran, yang antara lain adalah:

 

  • Wadasan, merupakan ornamen dari batik asal Cirebon, yang lebih mendasarkan design batik didalamnya berdasarkan ornamen yang terdapat didalam keraton Cirebon.
  • Geometris, merupakan motif batik asal Cirebon yang dibuat dengan membuat terlebih dahulu garis penuntun, untuk dapat menciptakan design batik didalamnya.
  • Pangkaan, motif ataupun ornamen batik, yang dibuat berdasarkan design dari sebuah pohon ataupun bunga secara lengkap.
  • Byur, merupakan motif dari kain batik yang mengambil ornamen bunga yang dikelilingi oleh daun didalamnya dalam keadaan yang utuh.
  • Sembarangan merupakan motif dari kain batik yang dibuat dengan sistem penataan berulang didalamnya, sehingga membentuk sebuah motif baru.

 

Kain batik asal Cirebon sendiri, biasanya dapat kita temukan dibuat dengan aksen warna bergradasi, sehingga akan lebih terlihat perbedaannya dengan jenis kain batik dari daerah lainnya. Gradasi warna ini merupakan lambang dari percampuran budaya yang ada di daerah Cirebon sejak dahulu kala, yang dapat dijaga oleh masyarakat kota Cirebon secara menyeluruh, tanpa meninggalkan budaya yang ada.

 

Tidak hanya dapat Anda temukan dalam bentuk kain saja, namun batik awal Cirebon ini, telah banyak digunakan oleh para fashion designer sebagai bahan pembuatan utama dalam produk design baju mereka. Berbagai jenis pakaian baik untuk para wanita, pria ataupun anak-anak, dapat dengan mudah Anda temukan dibuat dengan bahan dasar terbuat dari batik kota Cirebon yang satu ini.

 

Bagi Anda yang memang ingin melakukan pembelanjaan dengan mudah untuk batik Cirebon berbagai model tersebut, kini Anda tidak harus mengunjungi terlebih dahulu kota Cirebon, karena batik ini banyak disediakan oleh berbagai situs belanja online terpercaya di Indonesia, dengan harga yang cukup terjangkau. Situs belanja online tersebut, memang telah memiliki sistem kerjasama dengan para pelaku UMKM yang menciptakan berbagai jenis batik khas Cirebon.

Leave a reply "Mengenal Lebih dalam Tentang Batik Cirebon yang Perlu Anda Ketahui"

Author: 
    author