LPJK Provinsi Riau melakukan Audiensi dengan Kejaksaan Tinggi Riau

131 views

sewa ska

 

AUDIENSI DENGAN KEJAKSAAN TINGGI

LPJK PROVINSI RIAU MELAKUKAN AUDIENSI DENGAN KEJAKSAAN TINGGI RIAU DALAM RANGKA SOSIALISASI KEBERADAAN LEMBAGA YANG SESUAI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU SERTA MENJAJAKI KERJASAMA (MOU) TERKAIT JASA KONSTRUKSI DI PROVINSI RIAU.

Sebagai salah satu komitmen LPJK Provinsi Riau dalam melaksanakan salah satu tugas pokoknya sebagaimana diatur Undang-Undang Jasa Konstruksi Nomor 18 Tahun 1999, yaitu Mendorong dan Meningkatkan Peran Arbitrase, Mediasi, dan Penilai Ahli Dalam Bidang Jasa Konstruksi di Provinsi Riau, maka pada hari Senin tanggal 3 juni 2013 Seluruh Pengurus LPJK Provinsi Riau yang dipimpin oleh H. Aswandi, SE, beserta Komite Bidang Hukum, Arbitrase dan Penilai Ahli LPJK Provinsi Riau dan Manager Eksekutif Badan Pelaksana LPJK Provinsi Riau telah melakukan audiensi dengan Kejaksaan Tinggi Provinsi Riau.

Pertemuan dilakukan di Aula Kejaksaan Tinggi dan diterima langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Riau Bapak Eddy Rakamto, SH. MH. didampingi Asisten Tindak Pidana Khusus, Bidang Intelejen, Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Kasi I Bidang Ekonomi Pembangunan, beserta Koodinator Kejati.

Pertemuan yang dimulai Pukul 13.00 Wib berlangsung hangat dan disambut dengan baik oleh Pihak Kejaksaan Tinggi beserta jajarannya. H. Aswandi, SE memaparkan dengan ringkas dan jelas terkait keberadaan LPJK yang syah sesuai Peraturan perundang-undangan yang berlaku, sekaligus menjelaskan Tugas Pokok yang menjadi amanah UU 18/1999 khususnya terkait Mendorong dan Meningkatkan Peran Arbitrase, Mediasi dan Penilai Ahli dibidang Konstruksi. Pada kesempatan itu juga LPJK Provinsi Riau menyerahkan draft MoU dan diterima langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi.

Kejati menanggapi dengan sangat antusias, apalagi terkait niat kerjasama yang diajukan oleh LPJK Provinsi Riau, beliau mengibaratkan “Pucuk dicinta Ulampun Tiba” karena pihak Kejaksaan Tinggi sudah lama ingin berkoordinasi dengan LPJK namun hari ini ternyata LPJK yang mendatangi “Pengacara Negara” ini.

 

80% Kasus Terjadi Pada Pengadaan Barang dan Jasa

Dalam kata sambutannya, Kejati menyebutkan, dari sekian banyak kasus yang ada di Provinsi Riau, 80% kasus terjadi pada Pengadaan Barang dan Jasa, dan dari sektor Pengadaan Barang dan Jasa, sebagian besar kasus adalah menyangkut masalah Jasa Konstruksi. Beliau juga menyampaikan fakta bahwa banyak kebocoran yang terjadi di sektor Jasa Konstruksi yang nilainya tidak kurang dari 30% dari total anggaran pembangunan. Apabila kebocoran ini dapat diantisipasi, maka dengan nilai sebesar itu berapa banyak SD inpress yang bisa dibangun atau berapa banyak rumah-rumah kumuh dapat dibenahi.

Pertemuan dilanjutkan dengan forum diskusi dan ramah tama dan Kejati mendukung sepenuhnya kerjasama ini serta akan segera ditindak lanjuti dengan MoU yang nantinya akan disusun oleh tim dari kedua belah pihak. Diakhir Pertemuan sekitar pukul 15.00 Wib Kejati berpesan agar LPJK Provinsi Riau segera dapat mempersiapkan Penilai Ahli dan Saksi Ahli dibidang Jasa Konstruksi yang memang sangat dibutuhkan.

Leave a reply "LPJK Provinsi Riau melakukan Audiensi dengan Kejaksaan Tinggi Riau"

Author: 
    author