Tips Menjaga Keamanan Rumah Saat Ditinggal Pergi

110 views

Tips Menjaga Keamanan Rumah Saat Ditinggal Pergi - Keamanan rumah sebagai tempat tinggal adalah hal yang harus diperhatikan, terlebih jika kita akan meninggalkan rumah dalam kurun waktu yang cukup lama. Mengunci pintu serta pagar di gembok belum cukup untuk menghentikan langkah perampok untuk mencuri barang berharga yang ada didalam rumah. Aksi pencurian bisa terjadi kapan saja, terutama pada rumah yang tingkat keamananya kurang bagus.

keamanan rumah

Untuk meningkatkan keamanan rumah agar terhindar dari tindak kriminal orang tidak bertanggung jawab, ikutilah beberapa tips di bawah ini.

  • Selalu nyalakan lampu dimalam hari, bila ada uang lebih beli saja lampu otomatis yang bisa mneyala sendiri saat malam hari. Dengan adanya penerangan di malam hari, pihak keamanan akan lebih mudah dalam memantau rumah anda.
  • Bila rumah anda terlihat besar dan mewah, sebaiknya gunakan 2 orang satpam pribadi untuk menjaga keamanan rumah anda. Bekali pula satpam dengan alat komunikasi ht baofeng murah tapi bagus yang menjadi andalan orang Indonesia. Dengan adanya satpam dirumah anda, setidaknya bisa menmabah tingkat keamanan tempat tinggal.
  • Periksa secara berkala bagian rumah yang memiliki kunci. Bila ditemukan kunci pengaman yang tidak bekerja dengan semetinya, segeralah ganti dengan yang baru dan yang lebih bagus. Dengan menggunakan kunci pengaman yang bagus, rumah tidak mudah di bobol orang jahat.
  • Pastikan tidak ada selang atau tabung gas yang rusak karena termakan usia. Periksa secara berkala agar tidak terjadi kebakaran yang bisa merugikan anda.
  • Barang berharga seperti uang dan emas jangan di simpan dalam rumah. Sangat disarankan untuk menyimpanya di bank saja. Bila sudah di simpan di dalam bank namun tetap hilang, maka anda akan mendapat ganti rugi yang setimpal. Lain halnya jika meyimpanya dirumah, jika barang berharga hilang maka tidak ada yang ganti rugi.
  • Lapor kepada ketua RT atau tetannga dekat saat anda akan bepergian dalam waktu lama. Dengan begitu, tetangga akan jadi lebih waspada bila ada orang asing yang mengunjungi rumah disaat anda bepergian. Sekarang ini banyak sekali modus pencurian dengan modus berpura-pura sebagai tamu.
  • Letakan beberapa sandal dan sepatu di depan pintu masuk, serta berikan keset sebagai alas. Hal ini bertujuan seakan-akan didalam rumah masih ada penghuninya.
  • Kunci pagar rumah menggunakan gembok yang kualitasnya bagus. Gembok yang kualitasnya bagus lebih susah untuk dirusak dibandingkan dengan gembok yang kualitasnya biasa.

Keamanan rumah yang telah kita persiapkan dengan maksimal membuat perjalanan semakin tenang dan tidak memikirkan rumah tinggal. Hati rasanya senang bila sampai dirumah barang-barang yang dimiliki masih tetap utuh tanpa ada satupun yang hilang. Untuk itu, berikan yang terbaik untuk keamanan rumah tinggal anda.

Leave a reply "Tips Menjaga Keamanan Rumah Saat Ditinggal Pergi"

Author: 
    author