Melatih Otak Untuk Sukses

106 views

Melatih Otak Untuk Sukses

Memang luar biasa bagaimana sulitnya bagi kita untuk mengubah kebiasaan atau perilaku untuk buruk. Kebiasaan sederhana seperti misalnya marah-marah ketika memperbaiki mobil atau yang lebih menantang seperti misalnya kecanduan yang serius seperti merokok atau makan berlebihan. Yang manapun itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa Anda tidak sendiri.

Satu alasan mengapa berubah dapat menjadi sangat sulit karena kita telah terikat dalam kebiasaan atau perilaku atu sudah sangat lama, telah menjadi kebiasaan alami. Hampir seperti dalam kondisi “pilot otomatis”. Sebagai hasilnya, kita terikat dalam perilaku tanpa memikirkan bahwa kita memiliki pilihan melakukan sesuatu yang lain saat ini. Kita lupa kalau kita diberkati kebebasan untuk memilih.

Berdasarkan penelitian pada otak yang dilakukan selama dua puluh tahun terakhir, kita sekarang mengetahui jauh lebih banyak tentang bagaimana otak bekerja. Manfaat dari informasi ini adalah kita dapat mulai memahami mengapa kita sering melakukan hal-hal yang menjadi perilaku dan tindakan dalam kehidupan kita.

Beragam penelitian telah menunjukkan bahwa pikiran sadar kita hanya bertanggung jawab pada 2-4% pola pikir dan perilaku kita. Inilah mengapa ketika kita menggunakan kekuatan dan ketekunan kehendak untuk mengatasi kebiasaan buruk atau mengubah perilaku, kita biasanya mendapatkan hasil yang mendekati. Dalam masa pendek tindakan atau hasil kemungkinan berubah tetapi jika kita ingin menyadari perubahan yang kekal dalam hidup kita, kita harus memulai dari awal lingkaran, yaitu pikiran dan perilaku.

Penelitian otak terbaru telah menunjukkan bahwa system ingatan bawah sadar bertanggung jawab sampai 96% dari pola dan perilaku pikiran kita. Berdasarkan pada kanisasi pikiran, jika kita benar-benar ingin membuat perubahan dalam hidup kita, hal inilah yang perlu kita perhatikan. Karena penelitian ini masih cukup baru, pelajari saja bagaimana untuk mengubah pendekatan kita pada kebiasaan dan perilaku merupakan sebuah pembelajaran ulang pengalaman di dalam diri.

Kita mulai mengembangkan hubungan otak ketika masih sangat muda, katakanlah pada usia lima tahun atau sekitar itu. Ketika kita mengembangkan hubungan otak, kita juga sedang menciptakan apa yang di sebut sebagai hubungan sel. Setelah terjadi berulang-ulang, hubungan otak dan sel sebenarnya meninggalkan jejak pada jaringan syaraf kita di otak. Jejak-jejak ini kemudian terpola di  dalam pikiran bawah sadar kita dan ketahuilah, kita telah mengembangkan sebuah pola kebiasaan atau perilaku.

Leave a reply "Melatih Otak Untuk Sukses"

Author: 
    author