Agar Usaha Bakery Tidak Merugi Lakukan 2 Hal Penting Ini

88 views

Agar Usaha Bakery Tidak Merugi Lakukan 2 Hal Penting IniAgar Usaha Bakery Tidak Merugi Lakukan 2 Hal Penting Ini - Bisnis roti merupakan salah satu jenis bisnis yang menguntungkan. Ini terlihat dengan banyaknya orang yang suka makan roti. Untuk itu mengatur manajemen keuangan menjadi faktor yang sangat penting pastinya. Ukuran bisnis roti ini bisa terlihat dari besarnya modal yang di keluarkan. Untuk itu bisnis roti ini bisa di klasifikasikan menjadi : home industri, supermarket, toko, hingga pabrik.

Ada beberapa hal yang bisa kita pelajari agar bisnis roti yang di jalankan ini tidak hancur di tengah jalan, seperti :

1. Perhitungan resep roti
Ini menjadi sebuah hal penting sekali dalam meghitung resep roti yang akan di bikin. Sehingga nantinya akan di ketahui seberapa besar harganya. Beberapa hal yang bisa diperhatikan :

- Over head : Jenis biaya yang harus di keluarkan untuk membiayai satu buah rotinya
- Biaya Retur : Jenis biaya yang di keluarkan bisa terjadi pengembalian produk rotinya dari pasar atau outlet ketika roti tidak laku di jual.
- Margin yang di dapatkan ini di sesuaikan dnegan harga yang ada di sekitarnya mulai dari kompetitornya dan kondisi ekonomi di daerah tersebut.

2. Analisa bisnis
Sebelim menjalankan usaha roti harus memiliki rencana yang matang sehingga semua akan bisa di lakukan secara terukur. Kita harus bisa membedakan yang mana biaya untuk investasi dengan biaya yang di keluatkan dalam memulai usaha.Untuk menghitung bahan baku pastinya dengan mengikuti harga terbaru yang di terima.

Biaya - biaya ini seperti :
A. Biaya produksi
Biaya yang di keluarkan ketika mengolah bahan baku yang ada menjadi sebuah roti yang siap di jual ke customer.

B. Biaya pemasaran
Biaya yang di keluatkan untuk kebutuhan marketing. Misalkan untuk membuat banner, brosur, membuat iklan menggunakan media online baik menggunakan instagram, facebook, adwords.

C. Biaya administrasi
Biaya yang di keluarkan untuk memenuhi kebutuhan kelancararan usaha agar terkoordinasi dengan baik.

D. Biaya variabel
Besarnya biaya yang di keluarkan untuk membiayai total biaya yang berubah dalam waktu tertentu untuk kebutuhan semuanya dari bahan baku, bahan bakar, biaya packaging, dll.

E. Biaya tetap
Ini adalah biaya yang harus di bayarkan setiap saat dan tidak bisa di tinggalkan. Misalkan bayar listrik, bayar biaya telepon, bayar maintenance gedung, biaya pengurusan surat menyurat dan administrasi, biaya gaji karyawan.

Setelah mengetahui semua ini, maka akan ketahuan berapa besarnya pengeluaran dan pemasukan yang harus di miliki dalam setiap waktunya.

Hal - hal di atas ini sudah di lakukan oleh toko roti mas edi dalam mengelola usaha ini. Memang di butuhkan langkah - langkah yang tepat sehingga nantinya bisnis yang di jalankan sustain terus ke depan.

Leave a reply "Agar Usaha Bakery Tidak Merugi Lakukan 2 Hal Penting Ini"

Author: 
    author