Jenis Alat Kesehatan Laboratorium Medis di Rumah Sakit

118 views

Laboratorimum adalah salah satu keperluan yang amat mendesak bagi rumah sakit. Laboratorium ini berfungsi untuk banyak pemeriksaan khususnya untuk pemeriksaan darah. Laboratorium dengan skala besar dan lengkap biasanya dimiliki oleh rumah sakit daerah atau kabupaten.

Di dalam laboratorium terdapat banyak instrumen penunjang diantaranya adalah alat kesehatan untuk laboratorium. Alat ini ada bermacam – macam jenis dan fungsinya. Artikel ini selengkapnya akan membahas mengenai macam – macam alat kesehatan laboratorium.

Agaknya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menciptakan banyak trobosan baru di dunia medis secara tidak langsung diiringi dengan perkembangan virus atau penyakit yang menyerang manusia. Hal ini terbukti dengan banyaknya penemuan – penemuan virus baru baik di negara kita maupun di negara lain.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi ancaman yang mungkin akan terjadi, hendaknya perlu kesiapan sarana dan prasarana diantaranya adalah fasilitas unit laboratorium lengkap untuk pemeriksaan dan penelitian. Dengan ini diharapkan kita akan lebih siap ntuk menghadapi kemungkinan yang dapat terjadi di beberapa tahun kedepan.

Telah kita jelaskan diatas bahwa, laboratorium juga perlu ditunjang dengan instrument atau peralatan yang memadai agar dapat bekerja dengan efektif. Salah satu penunjang yang terpenting adalah alat kesehatan atau instrument medis untuk melakukan pemeriksaan dan penelitian.

Kita mungkin telah sedikit mengetahui apa saja alat – alat yang ada di laboratorium rumah sakit. Baik itu laboratorium khusus radiologi ataupun hematologi. Sebelum kita masuk ke dalam topik pembahasan kita kali ini, ada baiknya kita mengenal seklumit tentang alat kesehatan laboratorium.

Alat Kesehatan Laboratorium

Alat kesehatan adalah sebuah instrument atau alat yang berguna untuk mencegah, mendiagnosa, menyembuhkan dan merawat penyekit atau orang sakit dengan prosedur tertentu. Alat kesehatan laboratorium adalah alat yang kebanyakan digunakan untuk dignosa penyakit. Atu biasa disebut dengan istilah Diagnostik in Vitro.

Alat ini digunakan untuk melakukan tindakan berupa diagnosa untuk menguatkan kesimpulan dokter terhadap penyakit yang dialami pasien. Kita dapat ambil contoh sebagai berikut. Seseorang datang menemui dokter dengan gejala pusing, cepat lelah, sering buang air kecil terutama di waktu malam, sering merasa kehausan dan yang lainya. Diagnosa sementara dokter mengarah kepada kadar gula darah yang tidak normal.

Namun demikian, dokter kemudian membuatkan sebuah surat rujukan kepada pasien untuk melakukan uji laboratorium untuk menguatkan dugaan tentang penyakit yang dideritanya. Cek kadar gula darah dilakukan di laboratorium hematologi. Setelah diperoleh hasil dokter akan memberikan terapi obat untuk membantu menormalkan kadar gula dalam darah pasien sehingga gejala yang dialami dapat dihilangkan.

Untuk memperjelas pemahaman tentang  isi pokok pembahasan yang kita bahas, berikut beberapa contoh alat kesehatan atau instrument medis yang banyak digunakan di laboratorium rumah sakit.

Hematologi Analyzer

Hematologi Analyzer adalah alat kesehatan laboratorium yang berfungsi untuk melakukan analisa terhadap darah lengkap. Prinsip kerja alat ini adalah dengan cara menghitung dan mengukur sel darah secara otomatis. Sel darah diukur berdasakan impedansi atau reduksi berkas cahaya yang dilewatkan terhadap sel tersebut.

Alat ini dapat mendeteksi adanya gangguan penyakit khususnya yang berhubungan langsung dengan kimia darah, seperti kadar gula darah, kelesterol, jumlah trombosit dan hemoglobin serta sifat kimia darah yang lainya. Untuk masalah keakuratan hasil, alat ini sudah melewati Quality Control yang dilakukan sebelum alat ini digunakan langsung oleh pihak laboratorium, jadi tidak perlu diragukan lagi keakuratanya.

Centrifuge

Mungkin tidak semua pembaca paham dengan apa yang dimaksud dengan centrifuge. Memang alat ini bukanlah alat kesehatan yang bersifat diagnostik, alat ini adalah alat teknis. Centrifuge adalah sebuah instrument yang digunakan untuk memisahkan bahan tersuspensi dari medianya.

Alat ini banyak digunakan di laboratorium rumah sakit, kimia dan biologi. Alat kesehatan ini menggunakan prinsip gaya centrifugal yang berputar dengan satu titik pusat. Dengan putaran yang cepat sehingga dapat memisahkan antara suspensi bahan dan medianya. Alat ini digunakan misalnya pada plasma darah.

Mikro Pipet

Anda yang bersekolah di sma jurusan IPA pasti familiar dengan alat ini. Pipet merupakan salah satu alat penunjang laboratorium. Alat ini digunakan untuk mengambil cairan dalam jumlah sedikit dan meneteskan cairan tersebut dalam jumlah skala tetes. Pipet mempunyai beberapa jenis, diantaranya adalah pipet kaca biasa dan pipet micro atau micropipet.

Micropipet adalah pipet yang digunakan untuk memindahkan cairan dalam jumlah yang sangat kecil atau skala micro. Micropipet ini didesain dengan ukuran tertentu untuk masing – masing alat. Untuk micropipet ukuran fix mempunyai skala antara 5 πl, 10 πl sampai dengan 10000πl.

Alat ini mempunyai keakuratan yang cukup tinggi karena didesain khusus untuk keperluan pemindahan cairan dalam jumlah yang sangat kecil. Harga jual mikropipet cukup mahal karena memang memiliki desain dan kualitas yang tidak seperti pipet pada umumnya.

Beaker Glass

Beaker glass adalah alat laboratorium berupa gelas ukur. Gelas yang terbuat dari kaca dengan ketebalan tertentu yang dilengkapi dengan skala ukuran tertentu. Biasanya terdapat dalam beberapa volume. Alat ini digunakan untuk mencampur beberapa zat atau bahan kimia untuk direaksikan.

Beaker glass ini didesain dari bahan kaca anti panas, karena selain dicampur, sebuah larutan kimia perlu dipanaskan untuk mempercepat reaksi. Beaker glass banyak dipakai di laboratorium kimia atau biologi dan juga di Rumah Sakit.

Vaculab

Vaculab adalah sebuah tabung ukuran kecil yang digunakan untuk wadah atau tempat sample darah antikoagulan yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan cairan darah. Cairang antikoagulan tersebut biasanya berupa K3 EDTA (Tripotassium EDTA) yang mudah sekali bercampur dengan darah sehingga cepat mencapai homogen.

Vacula  terdiri dari banyak antikoagulan, semuanya dipilih sesuai dengan kebutuhan analisa terhadap darah tersebut. Alat ini digunakan hampir di seluruh laboratorium khususnya untuk rumah sakit.

Object Glass

Alat ini terbuat dari kaca bening yang tipis. Fungsinya adalah untuk meletakan object yang akan diteliti menggunakan mikroskop. Bagi anda yang pernah menempuh pendidikan SMA khususnya jurusan IPA tentu pernah mengenal alat ini. Ini adalah sebuah instrument yang digunakan bersamaan dengan mikroskop.  Alat ini memang didesain bening agar cahaya yang masuk dapat memperjelas hasil atau pencitraan yang kita lihat di mikroskop.

Kiranya demikian apa yang dapat kami sampaikan. Beberapa contoh diatas adalah sebagian kecil dari sekian banyak alat kesehatan laboratorium. Anda dapat melihatnya di gloryamedica.com. Distributor alat kesehatan dan alat laboratorium lengkap yang melayani pengadaan sampai ke seluruh indonesia.

Semoga yang sedikit ini dapat menambah wawasan kita tentang alat kesehatan khususnya yang berada di laboratorium. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Selamat beraktifitas

Leave a reply "Jenis Alat Kesehatan Laboratorium Medis di Rumah Sakit"

Author: 
    author