Pengrajin Keris Ponorogo

110 views

Keris sebagai salah satu warisan budaya leluhur di nusantara, harus dijaga. Paling tidak inilah latar belakangnya, Agus Triono (43), warga Ponorogo, Jawa Timur, memilih untuk membuat keris. Tidak diragukan lagi dia telah berada di perusahaan ini selama 12 tahun terakhir.

Meski sulit membuat keris, ia yakin akan ketekunan dan ketekunannya dan karya seni yang dikandungnya bisa menghasilkan karya seni yang luar biasa.

pengrajin keris ponorogo

"Bahkan untuk keris yang saya butuhkan sebulan, lengkap dengan warangka atau sarung keris dan asesorisnya," kata Agus saat ditemui di Paseban Alun-Alun Ponorogo, Rabu 12 April 2017.

Penggemar keris juga akan tumbuh bertahun-tahun lebih. Menurut Agus, jumlah pelanggan keri terus bertambah dalam lima tahun terakhir. Penggemar keris datang tidak hanya dari kolektor, tapi juga dari kalangan muda dan pegawai negeri.

"Orang muda berusia 40 dan lebih muda sekarang melihat kerisnya," katanya.

Ia membanderol harga keris buatan sendiri, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dari tingkat kerumitan warangka dan keris.

"Biasanya ada permintaan warangkanya dicampur dengan tembaga, perak atau emas, inilah yang membuat perbedaan harga," katanya.

Alumnus Jurusan Seni Rupa IKIP menambahkan Surabaya, cintanya pada keris dimulai pada tahun 1998. Saat itu ia membeli keris di pameran. Baru pada tahun 2005 ia memutuskan untuk menjadi pengrajin keris atau umumnya disebut master.

Tapi tidak semua orang bisa disebut master of purba, seperti Empu Gandring saat Ken Arok hendak menggulingkan kekuatan Tunggul Ametung, penguasa Tumapel.

Tak sesulit dulu, sekarang bahan baku untuk memudahkan keris, mulai dari bahan baku seperti besi, bisa didapat dimana-mana. Selama masa kerajaan kuno di nusantara, para empu membuat belati smoothing stones dengan besi yang disertai ritual khusus.

"Jika kali ini lebih mudah, seperti kayu warangka bisa menggunakan kayu cendana dan timboh, hanya memilih apa yang dia inginkan," kata Agus.

Di tengah globalisasi, ia berharap bisa menjadi penggemar keris yang semakin berkembang. Dia bahkan ingin menemukan seekor keris yang sebenarnya Ponorogo. Hanya saja usaha ini tidak semudah membalik telapak tangan.

"Saya harus ekstra sabar mencari keris biasa atau keris khas Ponorogo, apalagi saat kerajaan Wengker berdiri," kata pengrajin Ponorogo.

referensi : jual keris , olx.co.id

Tags: #batik #empu #keris #pusaka #seni budaya #tombak #tosan aji

Leave a reply "Pengrajin Keris Ponorogo"

Author: 
    author