Menikmati Keindahan Alam Perut Bumi di Gua Jomblang

170 views

paket wisata jogja murah

Wisatawan sudah banyak yang tahu kalau Kabupaten Gunung Kidul memiliki pantai-pantai pasir putihnya yang indah. Selain itu daerah yang termasyur dengan belalang gorengnya ini juga terkenal memiliki gua-gua yang eksotik. Deretan pegunungan Sewu yang berupa tanah kapur atau karts membentang sepanjang Gunung Kidul. Hal tersebut membuat kawasan ini kaya akan gua-gua alami antara Gua Pindul, Gua Kalisuci yang terkenal dengan aktivitas cave tubing-nya dan yang populer saat ini adalah Gua Jomblang, sebuah goa yang incaran para wisatan untuk dikunjungi.

Gua Jomblang sebelum terkenal hanya ditelantarkan begitu saja oleh masyarakat sekitar. Namun setelah para pencinta alam datang dan mengeksplorasi gua ini lambat laun gua ini menjadi terkenal dan akhirnya menjadi objek wisata yang populer. Gua Jomblang merupakan goa vertikal dengan tipe collapse doline. Menurut para ahli, gua ini terbentuk akibat proses geologi yaitu amblesnya tanah. Semua vegetasi yang ada di atas ikut ambles ke dasar bumi pada ribuan tahun yang lalu. Proses tersebut ini membentuk sinkhole atau lubang raksasa yang ada di mulut bumi. Dalam bahasa Jawa istilah tersebut disebut dengan luweng. Oleh karena itu masyarakat sekitar manamai gua ini Luweng Jomblang.

Agar sampai ke dasar goa dibutuhkan usaha ekstra karena bentuk goa tersebut.  Diperlukan kemampuan teknik tali tunggal jika ingin menuruninya. Oleh karena itu wisatawan yang ingin turun ke Gua Jomblang harus memakai peralatan khusus seusai dengan standar keamanan. Selain itu terdapat pemandu gua yang berpengalaman yang akan membantu para wisatawan. Hal yang di cari wisatwan di gua ini adalah sebuah fenomena dimana sinar mentari menerobos masuk di Luweng Grubug setinggi 90 meter dan kemudian membentuk sebuah tiang cahaya yang menyinari dinding serta dasar gua. Tentunya fenomena tersebut menghasilkan pemandangan yang spektakuler di dalam gua. Oleh para wisatawan pemandangan cahaya tersebut dikenal dengan istilah "cahaya surga" karena keindahannya.

Lokasi Gua Jomblang:

Gua ini terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul tepatnya berlokasi di timur Wonosari. Diperlukan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam untuk sampai di lokasi ini dengan memakai kendaraan pribadi dari pusat kota Jogja. Bagi wisatwan yang wisata Jogja bisa mencoba untuk melakukan kegiatan tersebut.

Tiket masuk Gua Jomblang:

Untuk masuk ke kawasan wisata ini cukup mahal yaitu Rp.550.000. Hal tersebut dikarekan  wisatawan harus mengunakan pelindung yang wajib dipakai saat menuruni tempat ini. Elain itu juga untuk membayar asuransi karena tempat ini cukup berbahaya.

Tips wisata Gua Jomblang

  1. Gunakan pakaian yang nyaman untuk caving di dalam gua.
  2. Gunakan alas kaki yang cocok untuk kegiatan caving.
  3. Bawa air mineral dan obat-obatan pribadi.
  4. Databnlah saat musim kemarau agar peluang melihat cahaya surga lebih besar.
  5. Jagalah kebersihan di Gua Jomblang.

 

 

Leave a reply "Menikmati Keindahan Alam Perut Bumi di Gua Jomblang"

Author: 
    author