Jenis Pengolahan Air Limbah

15 views

Jenis Pengolahan Air Limbah

Terdapat tiga metode dasar yang dapat dipraktekkan untuk pengolahan air limbah rumah tangga maupun industri, yakni : secara fisik, kimiawi, dan biologi. Untuk pengolahan air limbah modern yang memanfaatkan peralatan, maka metode yang digunakan adalah perpaduan antara kimiawi dan biologi. Sedangkan pengolahan secara tradisional umumnya mengandalkan metode fisik yang mana juga merupakan metode paling murah dan mudah di antara kedua metode lain.

  • Pengolahan fisik

Metode fisik yang dimaksud adalah dengan mengendapkan air limbah untuk memisahkan zat-zat berbahaya maupun mikroorganisme yang ada dengan cara diendapkan. Metode ini secara teknis dapat dikerjakan oleh siapa saja dan cukup membantu untuk mengatasi limbah rumah tangga, karena biaya yang dikeluarkan pun tidak mahal, akan tetapi pencapaian hasilnya juga sangat terbatas dan proses yang diperlukan juga lama sehingga tidak efisien dalam segi waktu.

  • Pengolahan kimiawi

Untuk metode yang satu ini, air limbah yang diolah akan diberi zat-zat kimia tertentu yang dapat memisahkan antara kandungan berbahaya limbah yang dapat mencemarkan lingkungan dengan cairan akhir yang bisa disalurkan ke tempat pembuangan akhir limbah tanpa mengkhawatirkan munculnya dampak negatif. Prosesnya tentu lebih cepat dibandingkan dengan pengolahan fisik, namun jika takaran zat kimia yang digunakan tidak tepat juga beresiko memperburuk kondisi limbah yang seharusnya diolah.

  • Pengolahan biologi

Sesuai dengan namanya, metode yang satu ini memanfaatkan mikroorganisme penghancur untuk mengeliminasi kandungan polutan dari air limbah sampai taraf yang sesuai dengan standar kesehatan lingkungan dan dapat dilanjutkan ke pembuangan akhir. Metode ini juga diterapkan untuk mengatasi septink tank yang mampet tanpa perlu menggunakan jasa penyedotan. Walaupun merupakan metode paling cepat, teknik ini memerlukan perhitungan yang tepat agar mikroorganisme yang diaktifkan tidak melampaui standar yang kemudian justru membuat air limbah lebih berbahaya lagi karena mengandung kuman penyakit.

Metode pengolahan air limbah di atas juga sangat tergantung dengan volume limbah itu sendiri karena masing-masing metode memiliki batas maksimal dari kemampuan pengolahan. Untuk limbah rumah tangga atau industri kecil dan menengah, ketiga metode di atas dapat diterapkan sendiri karena tergolong mudah. Namun untuk industri skala besar, diwajibkan untuk menggunakan peralatan pengolahan limbah modern agar mendapatkan hasil maksimal.