Mammoth Woolly, Gajah Purba Yang Mengagumkan

13 views

Mammoth Woolly atau Wol adalah mamalia terbesar yang pernah menjelajahi lanskap beku di utara yang luas. Diyakini berkaitan erat dengan gajah modern, mammoth wol tetap berada di alam liar sampai kira-kira 1700 SM saat ia punah.

Mammoth wol ditemukan berkeliaran di tundra Arktik yang pahit dimana mereka sering berkumpul dalam kelompok besar untuk kehangatan dan perlindungan. Mammoth Woolly hidup dalam dua kelompok yang dianggap cukup berbeda untuk dicirikan sebagai subspesies yang terpisah. Satu kelompok raksasa tinggal di tengah dataran tinggi Arktik, sedangkan kelompok mammoth wol lainnya memiliki jangkauan yang jauh lebih luas.

Mammoth wol adalah hewan besar, dengan mammoth dewasa sering mencapai ketinggian empat meter atau lebih. Woolly mammoth di daerah-daerah tertentu, rata-rata ukurannya sedikit lebih kecil dan sebenarnya hanya berukuran setengah dari salah satu ekor wol raksasa dengan ukuran terbesar.

Seperti yang terlihat pada gajah hari ini, mammoth wol itu memiliki taring besar yang bisa digunakan untuk menggali dan mengumpulkan makanan, dan juga untuk mengintimidasi dan melawan pemangsa dan saingan. Taring dari mammoth wol sering melengkung cukup dramatis dan bisa dengan mudah mencapai 5 meter (16ft).

Seperti halnya gajah Afrika dan Asia yang terlihat menjelajah bagian-bagian kecil planet saat ini, mammoth wol juga adalah binatang herbivora yang berarti bertahan pada makanan berbasis tumbuhan murni. Mammoth Woolly akan makan vegetasi serupa dengan gajah modern, menjelajahi hutan untuk daun, buah, kacang, ranting dan buah beri.

Karena ukuran raksasa dari mammoth wol itu, hanya ada satu pemangsa sejati di lingkungan alaminya yang berupa kucing bertelinga yang sering memburu induk betina berbulu wol yang lebih kecil. Selain pemburu manusia yang dengan cepat melenyapkan populasi raksasa wol dalam area luas tundra Arktik, es yang cepat mencair memiliki dampak yang sangat besar pada kematian mereka.

Meskipun sedikit yang benar-benar diketahui tentang reproduksi mamoth berbulu, kemungkinan besar mereka bereproduksi dengan cara yang mirip dengan gajah, mammoth wol wanita akan melahirkan anak tunggal setelah masa gestasi yang hampir sepanjang tahun (mungkin lebih lama). Mammoth Woolly diperkirakan memiliki umur yang cukup panjang, rata-rata berusia 70 tahun.

Pada umumnya diasumsikan bahwa mammoth wol terakhir lenyap dari Eropa dan Siberia Selatan sekitar tahun 8.000 SM, dengan populasi mammoth wol terisolasi yang baru lenyap dari Pulau Wrangel, terletak di Samudera Arktik sekitar tahun 1700 SM.

Tags: #berita hewan langka

Leave a reply "Mammoth Woolly, Gajah Purba Yang Mengagumkan"

Author: 
    author