Inilah bahaya minuman berenergi jika dikonsumsi terus menerus

68 views

Minuman berenergi adalah minuman yang mempunyai khasiat untuk meningkatkan stamina atau energi seseorang apabila meminumnya. Banyak orang yang percaya dengan minum minuman berenergi mereka akan lebih fit, menghikangkan lelah serta dapat menahan kantuk. Ya itu semua memeng benar karena minuman ini dapat menstimulus tubuh kita agar terus bisa beraktifitas.

Beberapa kandungan minuman berenergi antara lain HFCS, vitamin B, taurin, cafein dan sodium sitrat. Kelima kandungan diatas apabila dikonsumsi pada batas tertentu aman untuk tubuh. Akan tetapi jika kandungan tersebut kita konsumsi melebihi batas atau terlalu berlebihan maka akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh. Dan berikut dampak yang akan terjadi jika minuman berenergi dikonsumsi secara berlebihan.

 

 

1. Merusak Ginjal

Salah satu bahanya yang sering dan paling sering dialami oleh seseorang yang berlebihan dalam mengkonsumsi minuman berenergi adalah gagal ginjal, hal ini terbukti dari beberapa rumah sakit diruang Hemodialisa yang rutin cuci darah dikarenakan kebanyakan minum minuman berenergi. Hal ini dikuatkan juga dari penelitian yang dilakukan oleh seorang mahasiswi jurusan biologi di universitas UMS. Saat penelitian yang melibatkan beberapa tikus, dan tikus yang rutin mengkonsumsi minuman energi yang diberikan terlihat lebih aktif dari tikus yang tidak mengkonsumsinya. Namun sayang setelah 35 hari berselang, glomerulus pada tikus yang bertugas menyaring darah pada ginjal mengalami kerusakan. Untuk itu perlu dilakukan cuci darah selamanya supaya tikus terus bertahan hidup.

2. Melemahnya Konsentrasi

Tahukah anda bahwa terlalu banyak mengkonsumsi minuman ini secara berlebih setiap hari dapat berakibat pada konsentrasi yang menjadi lemah. Dengan konsentrasi yang lemah tentu saja dapat mempengaruhi aktifitas yang dilakukan sehari-hari seperti belajar, mengendara motor dan aktifitas lainnya.

3. Merasa Panik dan Khawatir

Kafein yang ada pada minuman berenergi apabila masuk kedalam tubuh kita secara berlebih maka dapat mengakibatkan dehidrasi. Dehidrasi inilah yang nantinya dapat membuat tubuh kita menjadi terlalu panik sehingga menyebabkan rasa gelisah yang mengganggu.

4. Obesitas dan Diabetes

Terdapat kandungan gula pada minuman berenergi, tentu saja hal ini dapat menyebabkan obesitas pada diri seseorang, apalagi yang mengkonsumsinya tidak diimbangi dengan aktifitas berat yang mengeluarkan banyak keringat. Selain itu jika minuman berenergi dikonsumsi secara terus menerus dapat memicu terjadinya penyakit diabetes, diabetes pun dapat memicu gagal ginjal sehingga seseorang mau tidak mau harus cuci darah selamanya.

Selain keempat masalah kesehatan diatas beberapa penyakit lain seperti insomnia, masalah pada tulang, serta masalah pada hati juga dapat terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman berenergi. Seperti yang dikutip dari alodokter.com bahwa sebenarnya untuk menambah energi tidak harus minum minuman berenergi karena ada berbagai makanan yang dapat menambah tenaga, diantaranya seperti makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral seperti susu, kacang kacangan, yogurt, coklat, sayuran serta minum air putih yang cukup.

Leave a reply "Inilah bahaya minuman berenergi jika dikonsumsi terus menerus"

Author: 
    author